18 Oktober 2008

TUMBUH KEMBANG JANIN TIAP MINGGUNYA

Mengintip perkembangan janin dari minggu ke minggu seperti menyaksikan sebuah keajaiban yang akan membuat Anda begitu menikmati masa kehamilan. Berikut ini akan kami paparkan beberapa perkembangan bayi selama 40 minggu, dimulai dari enam minggu pertama.

Pada enam minggu pertama, embrio telah mulai tumbuh. Ia sudah mempunyai kepala, badan dan tangan. Panjangnya mencapai 4-8 mm. Pada tahap ini perjalanan mengintip sebuah keajaiban dimulai. Oleh karena itu perhatikanlah sekali nutrisi pada masa ini. Keteledoran mengkonsumsi makanan akan dapat menganggu perkembangan janin Anda.

Pada tujuh minggu pertama, kepala embrio akan tumbuh membesar namun tetap menyatu dengan tubuh. Selain itu beberapa indera yang lain juga ikut berkembang. Di antara indera yang ikut berkembang adalah mulut dan hati. Panjang janin mencapai 9 mm. Pada masa ini Anda akan merasakan sakit karena pada saat ini hormone HCG tengah meningkat. Anda akan merasa malas makan, namun Anda tetap harus memaksakan diri untuk makan sering walaupun sedikit. Konsultasilah dengan dokter kandungan Anda, bila merasa kesakitan yang cukup konstan dan mengalami dehidrasi.

Masuk usia kehamilan delapan minggu, embrio sudah menyerupai miniatur manusia kecil dengan lengan, kaki, wajah dan telinga. Hatinya pun juga juga dapat memompa darah. Ia pun juga sudah mulai bergerak dan juga berkekeling di sekitar dinding rahim. Walaupun demikian Anda belum dapat merasakan gerakannya karena masih halus. Namun, sebagai seorang ibu, Anda dapat merasakan kesenangan bergerak yang ia rasakan, sehingga pada masa-masa ini ibu terlihat ceria. Sebaiknya Anda tidur lebih cepat di malam hari. Segelas susu hangat akan membantu Anda tertidur lelap.

Masuk usia sembilan minggu, embrio sudah menunjukkan beberapa perubahan ke arah yang lebih lembut, tulang rangkanya juga sudah mulai tumbuh. Yang lebih dulu tumbuh adalah tulang lengan dan lutut. Selain itu, plasenta pun juga sudah mulai tumbuh dengan panjang sekitar 2cm. Pada masa ini perbanyaklah minum air, minimal 1,5 liter per hari. Hindari kopi dan minuman yang mengandung soda.

Pada minggu kesepuluh, Anda dapat melihat bahwa bagian mukanya sudah benar-benar terbentuk. Hidung, telinga dan jidatnya sudah mulai terlihat jelas. Panjangnya sudah mencapai 4cm. Suasana hati Anda pada saat ini juga ikut turun naik seperti gerakan kepala embrio yang juga terlihat turun naik. Emosi Anda yang sedang meninggi, karena dipengaruhi hormon kehamilan yang sedang berkembang.

Pada masa kehamilan memasuki sebelas minggu, jari- jemari dan tangan janin dapat Anda saksikan. Walaupun jemari tersebut belum masih melekat satu sama lain. Selain itu otot-otot tubuhnya juga sudah mulai tersusun. Panjang sudah mencapai 5 cm. Anda sudah dapat bersiap-siap menerima kehadirannya dengan banyak belajar dan membaca buku kehamilan dan perawatan bayi selanjutnya.

Pada masa usia kehamilan dua belas minggu, hampir semua organ tubuh sudah terbentuk. Organ yang menunjukkan alat kelamin belum jelas terbentuk. Namun jantungnya sudah bekerja dengan baik. Panjangnya sudah mencapai 8 cm. Pada masa ini kontrollah kandungan Anda sesering mungkin, karena risiko keguguran pada masa ini masih besar.

Pada masa kehamilan berusia tiga belas minggu, bentuk bayi Anda sudah lebih jelas lagi, begitu juga dengan kejelasan fungsinya masing-masing, sehingga tendangannya juga dapat Anda rasakan dengan keras. Panjang juga sudah mencapai 9 cm. Pada masa ini, Anda akan merasa cepat lelah, karenanya rajinlah berolahraga namun yang ringan-ringan saja. Berenang adalah olahraga yang sangat direkomendasikan, begitu juga dengan berjalan kaki setiap hari selama tiga puluh menit. Yoga juga merupakan pilihan yang baik, tapi carilah kelas yang khusus untuk ibu hamil agar Anda tidak terlalu banyak bergerak.

Pada masa kehamilan keempatbelas minggu, jantung janin sudah mulai berdetak seperti orang dewasa. Pada masa ini bila ingin menjalani sejumlah tes kehamilan yang memakai alat scan, Anda dapat melakukannya. Panjangnya saat ini mencapai 11 cm. Pada masa ini Anda dapat merasa bahagia karena sebentar lagi akan melakukan dan selalu bersama-sama dengan sesuatu yang luar biasa.

Pada masa kehamilan masuk lima belas minggu, badan bayi terlihat lebih proposional dan kepalanya sudah tidak membesar lagi. Plasenta pun siap menerima nutrisi dari ibu. Panjangnya sudah mencapai 12,5 cm. Anda mungkin merasa sesak, maka pilihlah bra yang nyaman dan bisa membuat Anda bernapas lebih lega. Kulit Anda juga terasa lebih kering, maka oleskan moisturizing cream.

Pada masa kehamilan usia enam belas minggu, jemari kaki dan tangannya sudah terbentuk dengan sempurna. Panjangnya sudah mencapai 14 cm. Hindari makanan yang pedas dan berminyak, karena pada saat ini, produksi susu ibu juga sudah dimulai.

Pada masa kehamilan usia tujuh belas minggu, alis mata bayi juga sudah mulai nampak, begitu juga dengan rambut di kepala. Panjangnya sudah mencapai 16 cm dan Anda sudah dapat mengendongnya di tangan seandainya ia sudah di luar perut. Tubuh Anda juga sudah semakin membesar dan benar-benar sudah terlihat sebagai ibu hamil.

Pada masa kehamilan delapan belas minggu, tendangannya sangat terasa. Pada masa ini panjang sudah mencapai 18 cm. Anda pun sudah dapat bergabung dengan kelas antenatal yang akan membantu mempersiapkan kelahiran.

Pada masa kehamilan sembilan belas minggu, reflek gerakannya sangat dapat Anda rasakan. Panjangnya sudah mencapai 20,5cm. Pada saat ini, Anda sudah dapat merencanakan kapan rencana kelahiran, tapi tetap masih dirahasiakan. Di samping itu perbanyaklah informasi kehamilan dan persalinan dengan banyak membaca serta seringlah berdiskusi dengan para ibu yang lainnya.

Pada usia kehamilan dua puluh minggu, dia juga sudah dapat menendang lengannya sendiri, dan mengoyangkan-goyangkan tangannya. Panjangnya juga sudah mencapai 25 cm.

Pada usia kehamilan dua puluh satu minggu, panjang bayi sudah mendekati panjang saat ia akan dilahirkan. Panjangnya saat ini 26 cm. Saat ini dia sudah bisa mendengar suara-suara di sekelilingnya, termasuk sakit kepala. Cobalah Anda dan seluruh anggota keluarga mengajaknya berbicara atau bermain musik agar dia merasa nyaman bergaul bersama orang-orang itu bila lahir ke dunia. Kerena sebelumnya sudah berkenalan lewat suara.

Pada usia kehamilan dua puluh dua minggu, rambut kepalanya sudah tumbuh lebat dan lengannya juga sudah proposional dengan badannya. Panjangnya sudah mencapai 27 cm. Pada usia ini ia masuk pada masa fetus.

Pada usia kehamilan dua puluh tiga minggu, Anda akan menyaksikan betapa ia tumbuh sangat cepat, otot-ototnya mulai semakin kuat. Beratnya sekitar 1 kg dan panjangnya 28 cm. Pada usia ini Anda merasa sangat energik dan seksi. Anda juga dapat memulai untuk mencari posisi yang sesuai dalam berhubungan seksual.

Pada usia kehamilan dua puluh empat minggu, alis matanya makin nyata dan rambutnya makin lebat. Suara yang keras dapat membuatnya melompat kaget, jadi berhati-hatilah apalagi saat ia tertidur. Panjang mencapai 29 cm. Berat Anda juga akan semakin bertambah dan juga cepat merasa lelah. Beberapa olahraga akan membantu Anda mengembalikan stamina tubuh.

Pada usia kehamilan dua puluh lima minggu, kulitnya juga sudah semakin kencang. Jari-jemari tanganya juga sudah berpisah. Panjangnya sudah mencapai 30 cm. Mulai saat ini, sering-seringlah Anda berlatih pernapasan karena hal ini amat berguna pada saat proses persalinan.

Pada usia kehamilan dua puluh enam minggu, kulitnya akan semakin bersih dan panjangnya mencapai 30,5 cm. Mungkin pada malam hari, Anda mulai tidak dapat tidur tenang, untuk itu Anda mungkin dapat merangsangnya dengan meminum segelas susu hangat sebelum tidur.

Pada usia kehamilan dua puluh tujuh minggu, panjangnya mencapai 31 cm dan masih dapat bertambah. Anda akan merasa makin sulit bernapas. Atur posisi tidur Anda agar dapat tidur dengan nyaman.

Pada usia kehamilan masuk pada minggu ke dua puluh delapan, ia akan banyak tidur. Ini berguna untuk masa tumbuh kembangnya di dalam rahim. Panjangnya mencapai 32 cm. Pakailah baju-baju Anda yang longar dan seringlah memberi belaian pada kandungan.

Pada usia kehamilan masuk pada minggu ke dua puluh sembilan, bersiap-siaplah untuk persalinan. Panjangnya mencapai 34 cm. Pada usia ini bayi Anda amat sangat aktif, dan Anda amat dapat merasakannya pula. Anda pun dapat memanggil suami Anda untuk dapat merasakannya.

Pada usia kehamilan masuk pada minggu ke tiga puluh, panjangnya mencapai 36 cm dan beratnya 2,5 kg. Panjang dan berat ini akan dapat terus bertambah. Pada masa ini Anda dapat menikmati relaksasi tubuh, seperti melakukan pedicure ataupun kegiatan di spa.

Pada usia kehamilan masuk pada minggu ke tiga puluh satu, antara organ tubuhnya sudah semakin jelas dan semakin sempurna. Panjangnya bisa mencapai 37 cm. Anda mungkin sudah mulai merasakan sejumlah kontraksi kecil, untuk itu berlatihlah teknik pernapasan semakin intensif.

Pada usia kehamilan masuk pada minggu ke tiga puluh dua, fungsi paru-parunya memungkinkannya bernapas secara mandiri dan semakin siap untuk lahir ke dunia. Panjangnya sudah mencapai 39 cm. Anda dapat mengoleskan minyak telon atau krim agar kulit Anda tetap lembut.

Pada usia kehamilan masuk pada minggu ke tiga puluh tiga, ia akan dapat membedakan antara kegelapan dan cahaya terang, ia juga sudah dapat melihat cahaya berwarna merah. Panjang sudah mencapai 40 cm. Jagalah perut Anda baik-baik pada saat ini, dan cegahlah iritasi yang mungkin dapat terjadi. Datanglah kepada dokter kandungan untuk memastikan kondisi terakhir kesehatan Anda dan janin.

Pada usia kehamilan masuk pada minggu ketiga puluh empat, Anda akan semakin dekat dengan hari kelahirannya. Panjangnya sekitar 41cm. Bersiaplah untuk menyiapkan segala kebutuhan persalinan selama di rumah sakit. Mulailah kemasi barang-barang untuk dibawa ke rumah sakit.

Pada usia kehamilan masuk pada minggu ke tiga puluh lima, ia juga mulai rajin berlatih bernapas. Panjangnya mencapai 42 cm. Perasaan resah dan gelisah juga akan menghampiri Anda dan itu wajar. Namun, bersikap biasa-biasa saja, agar Anda tidak terlalu stres dan tegang.

Pada usia kehamilan masuk pada minggu ke tiga puluh enam, panjangnya sudah mencapai 44 cm dan kepalanya juga sudah mulai bergerak ke atas dan ke bawah. Sering-seringlah datang ke dokter kandungan Anda untuk mengecek kesiapan untuk melahirkan.

Pada usia kehamilan masuk pada minggu ke tiga puluh tujuh, ia pun sudah semakin gelisah berada di dalam rahim ibunya. Begitupun dengan perasaan bundanya. Dan panjangnya sudah mencapai 45 cm.

Pada usia kehamilan masuk pada minggu ke tiga puluh delapan, bayi Anda semakin besar dan ia merasa ruangan yang tersedia semakin kecil untuknya. Panjang sudah mencapai 47 cm. Dengan istirahat yang cukup, Anda akan merasa nyaman. Untuk membantu kenyamanan beristirahat, Anda dapat mandi air hangat sebelum tidur.

Pada usia kehamilan masuk pada minggu ke tiga puluh sembilan, ia benar-benar telah merasa sempit dan panjangnya sudah mencapai 48 cm. Anda harus bersiap siaga penuh pada waktu-waktu ini. Katakan ya, kepada setiap pihak yang ingin menawarkan bantuan kepada Anda. Makanlah sering dan seimbang.

Pada usia kehamilan masuk pada minggu ke empat puluh, ia benar-benar siap untuk lahir. Semuanya telah siap dan menunggu sesuatu mendorongnya ke luar. Panjang kini telah mencapai 50 cm. Anda mungkin kuatir tidak akan tahu tanda-tandanya, tapi sebagai seorang ibu, Anda akan selalu dapat merasakannya, inilah saatnya itu.


diambil dari ..:. inspiredkids (Judul Asli : YOUR GROWING BELLY oleh Dini Safitri)

1 komentar: