24 Oktober 2008

MENGENALI BAHAYA DALAM KEHAMILAN

Saat hamil, dan harus melakukan perjalanan jauh baik dengan mobil maupun pesawat, perlu beberapa upaya tambahan yang perlu diperhatikan untuk mencegah keluhan yang dapat timbul. Apa yang harus Ibu lakukan? dan kenali beberapa kondisi yang dapat membahayakan kehamilan :

Bepergian dengan pesawat
Sebelumnya telah dibahas saat ibu hamil bepergian dengan mobil, dan kini akan dibahas bepergian dengan menggunakan pesawat. Apa yang harus dilakukan?
  • Mintalah kursi di pinggir gang sehingga memudahkan Anda berjalan-jalan atau pergi ke toilet.

  • Pakailah sabuk pengaman dengan nyaman di bawah perut Anda.

  • Jangan lupa minum susu/jus/air putih untuk menghindari kekurangan cairan.

Mengenali bahaya dalam kehamilan
Terdapat beberapa kondisi yang dapat membahayakan kehamilan dan memerlukan perawatan dokter.

Anemia (kurang darah)
Anemia (kurang darah) akibat kekurangan zat besi seringkali dijumpai saat hamil, dan bisa diketahui dari kadar hemoglobin (Hb) darah yang rendah. Anemia yang tidak diobati dapat menimbulkan perdarahan saat melahirkan yang berbahaya.
Tips mengatasi dan mencegah anemia:
  • Perbanyak makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah dan kacang-kacangan, hati, sayuran hijau, kacang kedelai, kacang hijau.

  • Minum susu ibu hamil 2 gelas/hari.

Konsultasikan ke dokter bila masih dibawah standar yang ditentukan.

Pre-eklampsia
Pre-eklampsia sering terjadi saat hamil tua, dengan gejala:
  • Peningkatan tekanan darah (lebih dari 140/90 mmHg).

  • Peningkatan berat badan yang sangat cepat.

  • Pembengkakan kaki dan tangan.

  • Ditemukan zat protein dalam air seni (urin).

Jika tidak ditangani, pre-eklampsia dapat berlanjut menjadi eklampsia (keracunan kehamilan) yang dapat berakibat fatal. Guna mencegah eklampsia, segera berobat ke dokter begitu menjumpai salah satu keluhan di atas.

Keguguran
Setiap wanita hamil bisa mengalami keguguran (biasanya dalam 12 minggu pertama kehamilan) sehingga kehamilan harus dijaga dengan baik. Umumnya gejala awal berupa perdarahan dari jalan lahir yang disertai sakit perut kram. Jika Anda menjumpai gejala ini, beristirahatlah sebisa mungkin dan segera berobat ke dokter.

Perdarahan dari jalan lahir (vagina)
Perdarahan dari vagina setelah hamil 28 minggu mungkin disebabkan kelainan plasenta seperti pemisahan plasenta dari dinding rahim dan plasenta letak rendah. Keluhan ini tidak boleh dianggap sepele dan harus segera mendapat penanganan medis karena perdarahan yang sangat banyak mungkin memerlukan transfusi darah.


diambil dari ..:. www.info-sehat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar